Hutan Mangrove Probolinggo

Hutan Mangrove Probolinggo - Kota Probolinggo tidak hanya memberikan tempat pariwisata seperti Gunung Bromo, Air Terjun Madakaripura, Candi Jabung Kraksaan Probolinggo, dll, teteapi probolinggo dalam waktu dekat ini akan memberikan sensasi baru bagi wisatawan lokal maupun manca negara, pengunjung tidak hanya mengunjungi keindahan gunung bromo, Air terjun Madakaripura dan semacammnya tetapi juga bisa menikmati keindahan Hutan Mangrove di pantai / pelabuhan Kota Probolinggo yang letaknya tidak jauh dengan gunung bromo. 


http://www.wisatagunungbromo.com/2013/04/hutan-mangrove-probolinggo.html


Hutan Mangrove Di Probolinggo  merupakan objek potensial dalam pengembangan pariwisata, khususnya penyediaan fasilitas dan objek wisata. Dalam hal ini, menawarkan dua potensi mangrove di Pilang dan Mayangan. Keduanya memiliki potensi pengembangan dalam hal mancing, penyediaan resort, areal jalan khaki, leisure dan rekreasi, atau aktifitas berbasis air. Potensi ini terbuka untuk investor di sektor pemerintahan & swasta, domestik & mancanegara. Dengan sentuhan pengembangan skala kecil, akan memberikan manfaat ekonomi dan konservasi alam. Lokasi strategis Mangrove Pilang di Jl. Soekarno Hatta dan Mangrove Mayangan berdekatan dengan pasar ikan.

Dengan berbagai karakteristik dan kekhasan yang dimiliki hutan mangrove sangatlah menarik untuk dimanfaatkan sebagai ekowisata alam dengan membuat resort – resort atau homestay sehinga dapat menikmati ragam jenis flora dan fauna  hutan mangrove, berperahu, memancing, nursery, spawning,  resto dan di tambah dengan menikmati nuansa pesisir yang alami serta melihat lalu lalang kapal nelayan menangkap ikan.
Mewujudkan sektor pariwisata yang berbasis wisata bahari dan pantai yang menyenangkan di Kota Probolinggo telah lama di idamkan oleh Pemkot Probolinggo. Keinginan ini telah di masukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah  Daerah (RPMJD) tahun 2006 - 2009 dan hingga saat ini belum terwujud sepenuhnya. Di awal tahun ini Pemkot Probolinggo kedatangan investor - PT Beejay Sarana Hiburan- untuk berniat  mengembangkan dan mengonsep kawasan hutan mangrove untuk di jadikan ekowisata di Kota Probolinggo.



http://www.wisatagunungbromo.com/2013/04/hutan-mangrove-probolinggo.html

Hal ini merupakan suatu peluang yang sangat menarik yang harus di wujudkan segera karena konsep ekowisata hutan mangrove sangatlah unik bukan hanya sebagai tempat hiburan saja tetapi juga sebagai tempat pengembangan lingkungan yang berbasis pada pendekatan pemeliharaan dan konservasi alam karena hutan mangrove mempunyai karaktreristik dan kekhasan tersendiri. Bahkan di kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) telah di kembangkan Ekowisata Mangrove Wonorejo (EWM)  yang mendapatkan banyak apresiasi oleh masyarakat,  bahkan Gubernur Jawa-Timur. 


http://www.wisatagunungbromo.com/2013/04/hutan-mangrove-probolinggo.html

Dengan pantai sepanjang 7km, daerah pesisir Kota Probolinggo ditumbuhi Hutan Mangrove yang memiliki potensi ekowisata. Saat ini, Pemkot Probolinggo tengah merencanakan pengembangan ekowisata Hutan Mangrove yang hanya membutuhkan 1.5 ha untuk satu kawasannya.

Bentuk investasi yang diperlukan dalam pengembangan wisata mangrove dan wisata bahari yaitu pembuatan sarana akomodasi berupa resort tepi pantai, penyediaan restoran terapung, pengadaan sarana permainan air seperti perahu kuno, parasailing, dan banana boat.

Bisa juga dikembangkan sarana pemancingan dan pembudidayaan ikan, pengembangan pusat kegiatan ekowisata berbasis edukasi dan hiburan serta riset tentang Hutan Mangrove.

Hutan Mangrove di kota Probolinggo sangat luas, dari Kelurahan Mangunharjo hingga di daerah Ketapang,” ujar Kusnan, yang sehari-harinya menunggu di Rusunawa (Rumah Susun Sewa) Hutan Mangrove, saat diwawancarai PedomanNEWS, Sabtu (29/12).

Kusnan menambahkan, bahwa Hutan Mangrove dikawasan Kelurahan Mangunharjo, sedang dikembangkan budidaya ikan air tawar.

“Di Hutan Mangrove Mangunharjo ini terdapat banyak tambak ikan tawar, adapun ikan tawar yang dibudidayakan disini diantaranya Ikan Mujair, Ikan Lele dan, Ikan gurame, tapi yang paling banyak pembudidayaan tambak Ikan Lele,” tutupnya.

Sebagai informasi, Kota Probolinggo memiliki pantai sepanjang 7 km, ditumbuhi oleh Hutan Mangrove dengan luas lahan sebesar 74.68 ha atau sekitar 60 km2.

Terdiri dari Hutan Mangrove 13 ha terdapat di Kelurahan ketapang, 19.34 terdapat di Kelurahan Mangunharjo, 12.30 ha terdapat di Kelurahan Mayangan, 20.09 terdapat di Kelurahan Pilang, dan 16.82 terdapat di Kelurahan Sukabumi. 


Jika anda tertarik mengunjungi gunung bromo tidak ada salahnya anda mampir ke Mangrove Resort di Kota Probolinggo, untuk informasi lebih lajut silahkan kontak kami. melalui Cara pemesanan