Jalur Pendakian Dan Keindahan Ranu Kumbolo, Taman Nasional Bromo Semeru

Keindahan Ranu Kumbolo – Cantik! Itulah kata-kata yang pertama kali terucap saat memandangi Ranu Kumbolo. Danau yang ada di Gunung Semeru, Jawa Timur ini mampu membuat siapa pun yang memandangnya  jatuh cinta. Danaunya biru luas dan perbukitan hijau mengelilinginya, anda bisa juga melihat danau ini setelah dari kunjungan dari Wisata Bromo

Ketika mendaki Gunung Mahameru / Semeru yang berada di dua kabupaten sekaligus, yaitu Malang dan Lumajang, saya terkejut saat melihat sebuah danau. Sebuah danau yang indah dan jujur saja, sulit diungkapkan dengan kata-kata. Ranu Kumbolo berada di ketinggian 2.400 mdpl ini adalah pelepas dahaga bagi para pendaki yang mendaki Gunung Semeru. Dari kaki Gunung Semeru, trekking ke Ranu Kumbolo bisa memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Dengan catatan, perjalanan mendakinya santai dan tidak buru-buru. ketika itu pun saya berjalan dengan penuh canda dan tawa bersama teman-teman. Saat tiba di Ranu Kumbolo, saya benar-benar terkesima. Sebuah ciptaan Tuhan yang sangat sempurna. Danau biru luas yang tenang dan memantulkan bayangan yang ada di atasnya. Berdiri di Puncak Mahameru dan berdiri di depan Ranu Kumbolo merupakan pengalaman tiada dua dan tiada tara yang saya dapatkan. Siapkan stamina Anda untuk trekking Gunung Semeru dan siap-siap jatuh hati dengan Ranu Kumbolo. Ingat, jaga kebersihan ya !!!  untuk saling menjaga titiuhan yang dikhususkan untuk kita nikmati bersama.

ranu kumbolo

Pendakian Jalur Ranu Pani – Danau Ranu Kumbolo

Di desa Ranu pani pendaki akan melakukan registrasi sebagai pemeriksaan kesehatan, kartu ID, setelah selesai persyaratan ini diserahkan ke pos pemeriksaan di Ranu pani, setelah semua yang menampilkan pendaki melanjutkan menuju danau Ranu Kumbolo dan Gunung Semeru, untuk melacak para pendaki pertama kalinya akan berjalan jalan aspal setelah itu akan masuk jalur hutan yang akan lulus berliku dan tidak terlalu curam, dengan keindahan hiasan lembah dan bukit-bukit yang akan menemani pendakian ke danau ranu Kumbolo. durasi hiking jalan Danau Ranu Kumbolo – + 4 jam dan jarak – + 12 km. setelah tiba di danau Ranu Kumbolo terbayar pendaki sudah lelah dengan gulma salam dan keindahan danau Ranu Kumbolo yang tampaknya untuk mengungkapkan keindahan dan salam untuk para pendaki yang datang di danau Ranu Kumbolo ini.
Danau Ranu Kumbolo Kira-kira 15 hektar dengan hias bermain ikan emas seolah menyapa kami (para pendaki). dan memiliki ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, ini adalah di mana para pendaki beristirahat sebelum menuju ke trek semeru mendaki gunung atau trekking semeru.

Pendakaian Ranu Kumbolo – Gunung Semeru

Danau Ranu Kumbolo sebelum melakukan pendakian ke pendaki gunung semeru akan menyebabkan oro oro ombo sebelum tiba di oro oro ombo pejalan kaki akan melewati beberapa tanjakan sering disebut jalan cinta, perjalanan pendakian di Danau Ranu Kumbolo ke ombo oro-oro membutuhkan waktu – + 30 menit, dari mana gunung puncak tertinggi di pulau Jawa akan terlihat cantik terhadap tumbuhan liar yang tampaknya untuk menemani para pendaki, dari oro oro ombo pendakian dilanjutkan menuju kali mati dengan memasukkan hutan kaya vegetasi, bunga biru dan kuning yang tersebar di antara pohon-pohon cemara, di tengah hutan bernama oleh kandang ceoro serta jalan tidak terlalu menanjak sampai tiba di kamp Kalimati, perjalanan dari danau ranu Kumbolo menuju Kalimati memakan waktu 4 jam, ini adalah di mana para pendaki istirahat dan mengembalikan kekuatan untuk melanjutkan pendakian menuju semeru puncak (Mahameru)
TREKKING SEMERU

Dari Kalimati biasanya para pendaki memulai pendakian ke puncak awal, yaitu sekitar 2 am melalui hutan pinus dan bukit pasir selama 5-6 jam untuk mencapai puncak, dengan curam kondisi jalan menanjak. Dari Kalimati melewati kamp terekahir Arcopodo yang merupakan tempat yang biasanya digunakan para pendaki bermalam, tempat ini konon ditemukan dua patung serupa yang disebut Arcopodo.
puncak biasa Semeru untuk mendaki adalah puncak “Mahameru”. Dari puncak ini akan kawah terlihat disebut “Jonggring Saloko” dan yang unik setiap 10-15 menit dari penyemprotan didahului batu vulkanik dengan asap mengepul tinggi. Pada puncak Mahameru (Semeru) pendaki disarankan untuk tidak menuju ke kawah Jonggring Saloko, juga dilarang mendaki dari sisi selatan, untuk gas dan lava beracun arus mereka. Mahameru dipuncak kisaran suhu 4-10 derajat Celsius, pada puncak musim kemarau minus 0 derajat Celsius, dan menemukan kristal es. Pada puncak ini para pendaki disematkan dia untuk menaklukkan puncak tertinggi di 3.676 meter di atas permukaan laut Jawa. waw Kerenn .. !!!

Demikian pula, artikel informasi di Jalur atau Rute Pendakian Lake Ranu Kumbolo Dan Gunung Semeru mungkin berguna bagi Anda pecinta adventure atau petualangan, untuk paket wisata bromo malang, wisata bromo kawah Ijen dan Jeep sewa bromo dan tawaran murah megninap di sekitar bromo silakan hubungi Hubungi Kami,

Jalur atau Rute Lake Ranu Kumbolo Dan Pendakian Gunung Semeru

Artikel terkait :
Posted in Tempat Wisata. Tagged with , , , .