Kunjungan Tempat Dan Wisata Disekitar Gunung Bromo Semeru

Kunjungan Tempat Dan Wisata Disekitar Gunung Bromo Semeru – Lokasi dan tempat wisata Gunung Bromo ada beberapa objek wisata yang patut anda kunjungi, berikut kami jabarkan satu-persatu dengan keindahan yang dimiliki masing-masing :

1. GUNUNG BROMO
Gunung Bromo adalah Gunung berapi yang masih aktif dan paling popular di Provinsi Jawa Timur, Gunung ini juga menjadi maskot dibeberapa kota seperti Probolinggo, pasuruan, Malang dan lumajang, Gunung Bromo Sendiri memiliki ketinggian sekityar 2.392 meter diatas permukaan laut, lokasi yang bertautan seperti lembah, ngarai, kaldera pegunungan dan lautan pasir menambah keindahan alam yang terlukis dengan alami.

2. SUMUR PITU
Kawah Sumur Pitu ini berada diantara lautan pasir yang jika diliat dari jauh terlihat seperti tumpukan batu bata. masyarakat sekitar menamai kawah tersebut dengan Sumur Pitu atau tujuh sumur, menurut ilmu Geologi kawah ini terbentuk dari letusan dan lahar gunung Kursi.

3. KALDERA TENGGER

Secara literatur, Kaldera Tengger merupakan fitur vulkanik yang terbuat dari jatuhnya debu dan material pasca letusan vulkanik pada gunung-gunung berapi pada umumnya. Kaldera itu sendiri di ambil dari bahasa Spanyol yang berarti Wajan. Hal ini menjelaskan bahwa kaldera mempunyai bentuk yang cekung dan dalam, seperti sebuah danau. Pada lokasi komplek di pegunungan Tengger, ada sebuah kaldera yang sangat luas dengan diameter 8-10 Km, dan dinding dari kaldera tersebut mengelilingi sebuah lautan pasir. Di antara lautan pasir tersebut, terhampar beberapa pegunungan di tengahnya, yaitu, Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Widodaren, Gunung Watangan dan Gunung Kursi. Dinding pada kaldera yang mengelilingi lautan pasir tersebut sangat terjal dan memiliki kemiringan 60-80 derajat, dengan tinggi sekitar 200-600 m.

Awal mulanya, Gunung Tengger merupakan gunung yang terbesar dan tertinggi waktu itu. Saat terjadi letusan kecil pada gunung Tengger, terdapat materi vulkanik yang terlempar dan membentuk lembah yang besar. Dari letusan itu terciptalah sebuah kaldera. Dengan kedalaman kaldera saat itu, materi vulkanik dari letusan itu tertumpuk dan menjadi lautan pasir. Di duga, kaldera yang terbentuk pernah terisi oleh air dan yang mengakibatkan adanya aktivitas lanjutan dengan munculnya lorong magma di tengah kaldera dan membentuk gunung-gunung baru seperti Gunung Widodaren, Gunung Watangan dan Gunung Kursi, Gunung Batok dan Bromo.

Wisata Gunung Bromo termasuk dalam satu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tempat ini memiliki beberapa objek wsiata yang sangat indah seperti Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Tengger, Gunung Batok dan Gunung-gunung lain disikitar termasuk Gunung Widodaren, sebagai gunung aktif gunung bromo sendiri telah mengalami beberapa kali erupsi dan letusan terbesar pada 1974 dan kembali erupsi tahun 2010 .

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Bromo Tour, Wisata Bromo, Tips wisata, dan Paket Murah ke Bromo Silahkan hubungi kami

Posted in Tempat Wisata. Tagged with , , , .