Masakan Khas Gunung Bromo Yang Banyak Diminati

Masakan Khas Gunung Bromo Yang Banyak Diminati – Diantara begitu banyak gunung berapi di Nusantara ( Indonesia ), Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang disorot wisatawan loka dan manca negara, Promosi yang semakin gencar merupakan tentang adanya Legenda Gunung Bromo serta Kejayaan Kerajaan Majapahit yang  ada pada waktu itu, klik disini mengenai Patih gajah mada, air terjun Madakaripura dan tempat wisata gunung bromo
sejarah dan cerita yang diwarisi turun menurun seakan telah hanyut dan lebur didalam ingatan masyarakat sekitar gunung bromo sampai sekarang, siapa yang tidak tahu tentang kehebatan Patih  Gajah Mada ?
dahulu kala konon dicertakan sebagai seorang patih yang telah berhasil menyatukan Nusantara sampai Champa ( India )
Dan siapa tidak tahu juga mengenai Roro Anteng dan Joko seger saat berusaha memiliki seorang andak dan diperintah dewanya, setelah mendapatkan anak dari perintah itu untuk mengorbankan seorang anak darinya untuk dipersembahkan pada Kawah Berapai Gunung Bromo,

Kuliner Khas Gunung Bromo

Berbicara mengenai Kuliner Khas Gunung Bromo ada beberapa yang kami sarankan untuk dicoba
dan berikut daftanya :
  • Beras Aron
Beras Aron dapat dianggap sebagai kuliner orang Tengger makanan khas di lereng Gunung Bromo. Beras ini terbuat dari jagung putih yang hanya dapat ditemukan di lereng Gunung Bromo. Dibandingkan dengan beras biasa, beras Aron lebih tahan dan lebih gurih penuh sesuai dengan daerah beriklim dingin Tengger dan tentu saja orang akan selalu merasa lapar,.Nasi Aron bisa tahan hingga satu minggu jika tahu bagaimana untuk menyimpannya.

Biasanya, presentasi termasuk Aron beras bersama dengan pendamping lainnya makanan khas, antara lain Ranti sayuran daun, tahu, campur kentang dengan tahu, tempe, dan ikan laut. Tak ketinggalan sambal ekstra yang akan memberikan sensasi ekstra pedas di lidah Anda dan dapat tetap hangat di Bromo dingin.

Selain rasanya yang lezat dan khas, makanan khas Bromo seperti  Nasi Aron juga diburu karena banyak properti. Aron campuran nasi gurih dan pahit sayuran daun Ranti, mampu menurunkan kolesterol dan mengobati diabetes. Selain itu, spesialisasi paduan Aron beras dengan saus pedas bisa lapar selama berjam-jam. Bromo cocok benar-benar dibuat di udara super dingin.

Bahkan agak sulit untuk menemukan orang yang menjual makanan khas Nasi Aron. Mayoritas warung kecil di Desa Cemoro Lawang (pusat kehidupan Mata Pencaharian Masyarakat Bromo) hanya menjual menu standar: nasi goreng, pecel nasi, sup, mie goreng, dan lain-lain. Tapi jangan khawatir, makanan khas Aron beras dapat ditemukan di desa krisan, sebuah desa di lereng Bromo di kawasan seputaran naik 2 bromo (lihat posting Penanjakan 2 Bromo).

  • Iga Bromo
Juga disebut Kawah Iga Iga Bromo dan pasir, hidangan ini cukup asing di telinga kita. msakan ini bisa dinikmati di warung Zahira terletak di kaki gunung. Meskipun bernama pasir rusuk Bromo, makanan dijamin tidak ada pasir, hehehehe …: D. Saya jamin Anda akan bergoyang ketika rasa lidah masakan ini.
  • Kabut sawut Bromo.
Mencoba makanan tradisional seperti abon, pikiran Anda pasti merasa familiar, tetapi berbeda dari bentuk diparut satu ini. Unik, selera, juga begitu menggoda. Kabut sawut Bromo merupakan salah satu spesialisasi menu dari Bromo Tengger Semeru wilayah Pegunungan. Biasanya pada masyarakat Gunung Bromo Tengger, membuat makanan tradisional sawut bromo kabut ketika ada acara-acara khusus. Dan juga pada kedatangan tamu dari luar daerah.

Kabut Bromo berbasis diparut bersama dengan diparut makanan dari daerah lain. Seperti peternakan pohon singkong pilihan dari desa setempat di wilayah Bromo. Beberapa berbentuk seperti gunung (Kerucut), atau gumpalan kecil. Hanya ada beberapa perbedaan kecil karena rasa manis pohon di wilayah tersebut ke wilayah tergantung pada tanah pasti.

Beberapa perbedaan antara lain, dalam rangka meningkatkan keindahan kabut robek bentuk Bromo di toping tambah murbei hitam, mutiara merah, dan jangan lupa untuk diiris daun pandan. Ketentuan ini biasanya ditujukan untuk toping seperti parutan dikemas di atas lembar terpisah.

Dijamin Anda akan merasa kecanduan rasa sebagai mencicipinya. Untuk menemukan ini makanan ringan khusus dapat diperoleh di beberapa pasar tradisional di Probolinggo, dan beberapa tempat khas daerah kawasan Pariwisata Gunung Bromo.

Demikian pula, Oleh-oleh dari Wisata Bromo | Makanan khas Gunung Bromo, mungkin berguna bagi Anda. Untuk harga dan pemesanan paket wisata Bromo Murah silahkan hubungi. Terima kasih telah membaca postingan kita.

Posted in Berita. Tagged with , , .