Harga Tiket Masuk Baluran Afrika-Nya Indonesia

By | April 8, 2019

Harga Tiket Masuk Baluran Afrika Indonesia –  Kali ini Wisata Gunung Bromo Travel akan menjelaskan biaya tiket masuk ke taman nasional Baluran Situdondo, Banyuwangi, beberapa har lalu juga kita telah memberikan penjelasan mengenai Paket wisata Bromo dan Harga Tiet Kawah Ijen Terbaru, nah langsung saja, INDONESIA mempunyai hamparan savana terluas di Pulau Jawa yaitu Taman Nasional Baluran di Jawa Timur. Bila Anda bertandang kesini pasti terasanya ada di Afrika, meskipun saya belum pernah ke Afrika he-he…Taman Nasional Baluran ini adalah destinasi wisata yang cukup tidak sama. Mengapa saya katakan tidak sama? Lantaran disini kita bila mujur dapat temukan sangat banyak satwa liar yang betul-betul liar tak seperti di kebun binatang atau Taman Safari.Bila di Taman Safari kita lihat dengan dekat bermacam satwa, bahkan juga mereka dapat hampiri kita bila mereka mencium bau makanan dari mobil. Namun tak disini. Pasalnya untuk masuk ke Taman Nasionalnya saja kita mesti masuk jalan tanah yang agak rusak sepanjang 40 s/d 1 jam perjalanan.

Lokasi Taman Nasional Baluran Dimana ?

Lokasi Taman Nasional Baluran terdapat di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur. Batas lokasi samping utara yaitu Selat Madura, samping timur Selat Bali, serta di dalam lokasi ini ada Gunung Baluran yang telah tak aktif lagi. Tetapi jadi panorama yang cantik saat kita lihat padang savana dari terlalu jauh.

Taman Wisata Baluran adalah perwakilan ekosistem rimba kering di Pulau Jawa, terbagi dalam jenis vegetasi savana, hutan mangrove, Hutan hujan, rimba pantai,dll, Untuk Anda pencinta fotografi ada baiknya datang kesini ketika musim kemarau, pada bln. Juni-Juli-Agustus lantaran air di hutan kering, serta rumput berwarna kuning.

Pada musim kering, satwa seperti rusa, banteng, burung merak yang ada didalam hutan keluar menuju savana. Pihak Taman Nasional sediakan air serta kubangan, hingga pada musim kemarau hewan keluar serta ada dekat di jalan. Satwa-satwa ini sangatlah pemalu, lantaran bila ada mobil yang mendekat saja mereka akan kabur masuk ke dalam hutan.

Bila Anda datang waktu musim hujan jadi tumbuhan serta air sangatlah berlimpah hingga penghuni taman seperti banteng serta kerbau liar pilih masuk ke pedalaman taman daripada bertatap muka dengan pengunjung. Agar dapat lebih nikmati perjalanan di Taman Nasional Baluran coba saat sebelum masuk lokasi ini Anda berkunjung ke pusat info untuk memperoleh penjelasan singkat perihal Taman Nasional Baluran. Sesudah mendengar penjelasan panjang lebar kita dapat lebih menghormati, tak mengganggu, mengakibatkan kerusakan, mengambil, atau berburu flora, fauna serta ekosistemnya.

Dianjurkan mengawali perjalanan saat pagi hari. Syukur-syukur dapat temukan kabut hingga photo dapat lebih dramatis untuk pencinta fotografi. Saya anjurkan bila dapat kesini pada pukul 04. 00 pagi. Mengapa? Lantaran matahari terbit (sunrise) di Taman Nasional Baluran sangatlah bagus.

Berapa Harga Tiket Masuk Baluran Terbaru ?

Kepala Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, Emy Endah Suwarni menyampaikan pihaknya memberlakukan penambahan ticket baru untuk pengunjung yang bakal berkunjung ke wilayahnya per 1 Januari 2015. ” Ada penambahan ticket untuk penilaian kehidupan liar sebesar Rp 10 ribu per orang, ” kata Emy, Jumat, 16 Januari 2015.
 
Dengan hal tersebut wisatawan mesti membayar tiga type ticket sekalian seperti ticket masuk pada hari Senin-Sabtu sebesar Rp 5 ribu per orang, ticket kendaraan Rp 5 ribu untuk roda dua, serta Rp 10 ribu untuk roda empat.
 
Jika pada hari minggu atau tanggal merah, tiket masuk Baluran untuk wisatawan lokal jadi Rp 7. 500 per orang, ticket roda dua Rp 7. 500, serta ticket roda empat Rp 15 ribu. Untuk wisatawan asing, ticket masuk pada Senin-Sabtu sebesar Rp 150 ribu serta Ahad sebesar Rp 225 ribu per orang.
 
Emy menuturkan, penambahan ticket itu sesuaikan amanah Ketentuan Pemerintah Nomer 12 Th. 2014 perihal Type serta Tarif atas Type Penerimaan Negara Bukanlah Pajak yang Berlaku pada Kementerian Kehutanan.
 
Kementerian Kehutanan menambah tujuan pendapatan Balai Taman Nasional Baluran dari bidang wisata sebesar Rp 1, 2 miliar th. 2015. Satu tahun pada awal mulanya, Baluran menyetor pendapatan bidang wisata sejumlah Rp 600 juta. (Baca : Taman Baluran Sukses Biakkan Banteng Semialami.)
 
Koordinator Service Pengunjung Taman Nasional Baluran, Mahrudin, menyampaikan wisatawan yang berkunjung ke Baluran pada 2014 meraih 58. 109 orang. Jumlah itu terbagi dalam 57. 177 wisatawan Nusantara serta 1. 221 wisatawan asing.
 
Jumlah wisatawan 2014 bertambah di banding 2013 yang meraih 39. 866 orang. Terdiri atas 38. 850 wisatawan Nusantara serta 1. 016 wisatawan asing.
 
Menurut Mahrudin, untuk penuhi tujuan pendapatan, pihaknya semakin gencar mempromosikan Baluran lewat beberapa pameran serta media sosial. ” Tujuan kami jumlah wisatawan naik 2 x lipat th. ini, ” tuturnya. (Baca : Orang Hilang ingatan Sebabkan 600 HA Rimba Baluran Terbakar.)
 
Taman Nasional Baluran memiiki julukan Afrika van Java lantaran spesifikasi habitatnya kering. Jenis vegetasi sabana menguasai lokasi Taman Nasional Baluran, yaitu seputar 40 % dari keseluruhan luas tempat. Banteng (Bos javanicus) jadi satwa ikon dari taman nasional seluas 25 ribu hektare ini. itulah penjelasan sedikit mengenai tarif masuk wisata baluran Afrika Indonesia
 

 

Rate this post