Tempat Wisata Taman Nasional Baluran, Situbondo

By | April 5, 2017

Tempat Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo – Kali ini Kami akan mengajak anda berwisata kembali melihat-lihat objek wisata yang terletak di provinsi Jawa timur yang tepatnya paling ujung timur yang penuh dengan satwa liar, padang rumput yang terbentang luas, Yapss, tepat sekali, kita akan membahas tentang Wisata Taman Nasional Baluran di Kota Banyuwangi. Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui ataupun mungkin sudah sering mengunjungi tempat ini. berikut sedikit ulasannya.

wisata baluran
Padang Rumput Bekol (Bekol Savanna dan Satwa )
Sekitar 40% lokasi taman nasional ini berupa padang rumput savanna. Persentase tersebut katanya sudah sangat menyusut. Dulu hampir seluruh wilayah Baluran adalah padang rumput. Mengapa demikian?

Informasi dari petugas di sini menyebutkan bahwa dahulu padang rumput di Baluran sering terbakar karena tidak adanya pohon pelindung. Akhirnya diputuskan untuk menanam pohon Akasia untuk mengurangi kebakaran rumput tersebut. Yang terjadi, pohon-pohon ini malah menjadi subur, cepat menyebar, dan mengurangi area padang rumput. Akibatnya, populasi banteng dan beberapa hewan penghuni padang rumput yang lain juga ikut menyusut karena rumput sebagai makanan mereka mulai berkurang. Datangnya hewan-hewan penghuni hutan juga mulai mengganggu ekosistem mereka

tempat wisata baluran
Inilah hamparan savana terluas di Pulau Jawa, membuat Anda yang berkunjung ke sini serasa berada di Afrika. Di Wisata Baluran Anda akan disajikan sungguhan alam menakjubkan ketika ratusan rusa berlarian menuju kubangan air, merak jantan melebarkan ekornya untuk menarik perhatian sang betina, puluhan kerbau yang besar sangat, belasan elang mencari makan, lutung dan makaka. Belum lagi pepohonan khas Baluran yang mirip pohon pinang dan berbuah sekali seumur hidup sebanyak 1 ton untuk kemudian mati. Pohon Pilang yang berbatang putih dan rimbun, bila Anda mengamatinya secara seksama maka mirip pohon di film “Avatar” serta pohon bekol yang rindang mirip beringin penuh dengan nuansa magis.

tempat wisata baluran

Tidak besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk tiket masuk yaitu hanya Rp6.000,00 per mobil dan Rp 2.500,00 per orang. Kegiatan yang dapat dilakukan di sini mulai dari penelitian, pengamatan dan atraksi satwa, serta wisata bahari di pantai Bama. Sementara fasilitas yang tersedia adalah kantor pengurus, pondok kerja, pesanggarahan, shelter, jalan trail, menara pandang, dan lain-lain.

Kawasan Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Batas wilayah sebelah utara adalah Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, sebelah selatan Sungai Bajulmati, dan sebelah barat Sungai Klokoran. Temperatur udaranya 27°- 34° C, curah hujan 900 – 1.600 mm/tahun, ketinggian tempat 0 – 1.247 mdpl, letak geografis 7°29’ – 7°55’ LS, 114°17’ – 114°28’ BT, serta luasnya mencapai 25.000 ha. Di tengah kawasan ini terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi.

Baca juga Tiket masuk Wisata Baluran 

Artikel terkait : Paket Wisata Bromo, Paket Wisata Bromo Malang, paket Tour Bromo Kawah Ijen

Rate this post